Indonesia kaya akan berbagai tanaman herbal yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, terutama untuk pengobatan diabetes. Tanaman herbal tersebut telah diteliti oleh para ahli terbukti aman digunakan untuk jangka panjang dan bebas bahan-bahan kimia. Tanaman obat ini memiliki kinerja yang konstruktif karena dapat membangun kembali jaringan sel yang rusak serta dapat menyembuhkan komplikasi akibat diabetes. Fungsinya ialah menurunkan kadar gula darah dengan cara menghambat penyerapan gula di dalam tubuh.

 

Berikut ini tanaman herbal untuk diabetes:

  • Mahkota Dewa
    MahkotadewaBuah Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) adalah tanaman asli Indonesia. Tanaman yang berasal dari Irian Jaya ini biasa dijadikan tanaman peneduh atau sekedar tanaman hias di pekarangan rumah dan banyak di gunakan sebagai obat obatan herbal terutama untuk mengobati Diabetes. Buah Mahkota dewa mengandung zat-zat berkhasiat diantaranya saponin bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah serta mengurangi penggumpalan darah, zat flavonoid bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah serta mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

 

  • Sambiloto
    sambilotoSambiloto (Andrographis paniculata) adalah tanaman herba yang berasal dari India dan Srilanka, namun juga banyak dijumpai di Indonesia, Malaysia, Thailand dan beberapa tempat di Amerika. Daun Sambiloto ini banyak mengandung senyawa yang berkhasiat diantaranya Andrographolide, kalium, alkaloid, flavonoid, kalsium, natrium, yang memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif) dan dapat menekan pertumbuhan sel kanker, serta sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh seperti mendorong produksi sel darah putih yang akan menyerang bakteri dan benda-benda asing yang menyerang sistem kekebalan tubuh, sambiloto juga mempunyai kadar kalium yang tinggi untuk membantu mengeluarkan air dan garam sehingga dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah.

 

  • Mengkudu
    mengkuduBuah mengkudu (Morindae citrifoliae) merupakan jenis buah-buah yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, karena buah mengkudu memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat penting untuk kebutuhan nutrisi tubuh kita. Buah Mengkudu dikenal memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat membantu dalam proses penyembuhan diabetes. Selain untuk mengatasi Diabetes Menurut Neil Solomon, MD.PhD, peneliti masalah kesehatan dari Amerika melaporkan bahwa buah Mengkudu mengandung sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Hal ini menyebabkan jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah, sehingga tekanan darah menjadi normal.

 

  • Temulawak
    temulawakTemulawak (Curcuma xanthorrhiza) merupakan tanaman obat dari suku temu-temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini berasal dari Indonesia, lebih khusus di Pulau Jawa. Temulawak sering digunakan sebagai jamu dan obat, Rimpang temulawak mengandung zat aktif kurkuminoid yang dapat menurunkan kolesterol jahat, trigliserida, meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar gula darah.