Tahukah Anda jika hipertensi bisa dibantu dengan konsumsi jus (sari) buah mengkudu untuk hipertensi? Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa Noni Juice atau jus mengkudu mampu menstabilkan tekanan darah. Senyawa alami apa yang menghasilkan khasiat atau manfaat mengkudu untuk hipertensi?

Kapan Anda disebut sebagai penderita hipertensi? Jika peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan diastolik lebih dari 90 mmHg, maka ini tergolong dalam hipertensi. Seperti yang Anda ketahui, penderita hipertensi harus bersahabat dengan buah dan sayur.

Buah mengkudu masuk dalam daftar buah yang harus Anda konsumsi. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C, fitonutrient, selenium, dan antioksidan dalam buah mengkudu. Tentu saja, beragam nutrisi dalam mengkudu dibutuhkan untuk mengendurkan dan melebarkan pembuluh darah.

Selain itu, buah mengkudu mengandung senyawa scopoletin yang berfungsi untuk menurunkan hipertensi. Senyawa ini merupakan semacam alkalin yang membantu menjaga keseimbangan Ph yang ada dalam cairan tubuh manusia, termasuk darah dan juga mampu memerangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Sejak 2000 tahun lalu, mengkudu sudah dikenal di sini, dan sampai saat ini masih disebut sebagai “buah dewa” dan banyak dikonsumsi masyarakat. Buah mengkudu aman dikonsumsi dan kaya manfaat. Ini terlihat dari keputusan yang dihasilkan oleh Komisi Eropa pada 2003 yang menyetujui mengkudu sebagai buah yang diijinkan untuk dikomersialkan.

Buah mengkudu merupakan makanan baru di Eropa yang telah diuji keamanannya. Namun, ada yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi buah mengkudu. Anda perlu memastikan bahwa produk tersebut merupakan buah mengkudu alami yang terjamin kesegarannya.

 

Buah mengkudu juga kaya akan vitamin A, kalsium, niasin dan potasium. Dalam buah mengkudu juga mengandung 10 vitamin esensial, 18 jenis asam amino, dilengkapi dengan mineral. Yang paling menggembirakan, buah mengkudu mengandung seronin, sejenis alkaloid yang dibutuhkan untuk memperbaiki fungsi sel.

Berdasarkan penelitian Rachim (2012) khasiat atau manfaat mengkudu untuk hipertensi dapat dibuktikan. Pemanfaatan mengkudu dalam bentuk jus sangat praktis dan efektif. Mengkudu mengandung prexeronin yang mampu bekerja pada vasoaktif endotel sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Selain prexeronin, didalam mengkudu juga terdapat zat yang dinamakan scopoletin yang berperan utama dalam efek antihipertensi.

Potasium yang tinggi dalam buah mengkudu oleh beberapa pihak dikhawatirkan dapat mengganggu kinerja ginjal Anda di masa depan. Namun, potasium yang tinggi inilah yang amat dibutuhkan untuk diet hipertensi. Jadi, kita bisa ambil jalan tengah; konsumsi jus (sari) buah mengkudu untuk hipertensi harus disertai dengan konsumsi air putih yang cukup.